Jumat, 30 Mei 2014

LOCK DEVICE

Komponen Akses Kontrol Pintu

Akses Kontrol Pintu merupakan sebuah sistem yang mempunyai komponen penting dalam menjalankan fungsinya sebagai pengatur akses sebuah pintu. Dalam pembuatan sistem akses kontrol pintu di butuhkan beberapa komponen yang berkerja secara berkesinambungan. Adapun komponen pokok dalam sistem akses kontrol pintu dalam implementasi bermacam-macam sesuai dengan pintunya. Namun secara pokok komponen akses kontrol pintu kita pilah sebagai berikut:

     
Kredential (Credential)

Kredensial dalam teknologi akses kontrol adalah obyek fisik atau nyata bersifat individu yang diberikan hak untuk mengakses fasilitas fisik tertentu atau suatu sistem teknologi informasi. Kredensial pada sistem akses kontrol pintu dapat berupa sesuatu yang digunakan sebagai pembuka kunci seperti anak kunci pintu, fob kunci, atau kunci lainnya seperti nomor atau PIN, atau berupakartu teknologi termasuk kode magnetik stripe, bar, barcode, Wiegand, RF ID, smart card, dan kartu contact less smart, atau kunci-FOBS yang lebih compact dari kartu ID dan melampirkan ke gantungan kunci. Dan bisa juga yang melekat pada diri kita atau teknologi biometrik seperti sidik jari, pengenalan wajah, pengenalan iris, retina scan, suara, dan geometri tangan.

Kredensial ini sangat menentukan dalam sebuah sistem akses kontrol pintu. Jika sarat kredensial ini tidak terpenuhi maka sistem akses kontrol sama saja dengan sistem mati atau kunci permanen. Dalam teknologi biometrik sistem ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri selain lebih praktis dan efektif keamanan dari unsur ini juga sangat terjamin.

     
Akses Kontrol (Acces Control)

Akses Kontrol adalah sistem yang dirancang untuk memungkinkan wewenang membatasi pengguna untuk mengakses ke wilayah dan sumber daya dalam fasilitas fisik tertentu atau sistem informasi berbasis komputer. Kita dapat temui dalam penerapan Sistem Akses Kontrol dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah kunci pada pintu ruangan, pintu gudang, pintu mobil pada dasarnya merupakan suatu bentuk kontrol akses. Dengan akses kontrol kita dapat membatasi atau mengamankan informasi penting, rahasia, atau sensitif dan peralatan.

    
DOOR STRIKE 
Kunci Elektrik (Elektric Lock)

Kunci elektric (electric lock) adalah perangkat penguncian yang beroperasi dengan menggunakan arus listrik. Lebih sering kunci listrik yang terhubung ke sistem kontrol akses. Keuntungan dari sebuah kunci listrik tersambung ke sistem kontrol akses meliputi: kontrol kunci, mana kunci dapat ditambahkan dan dihapus tanpa re-keying silinder kunci; kontrol akses baik, di mana waktu dan tempat merupakan faktor, dan transaksi logging, di mana aktivitas direkam.

Listrik magnet kunci digunakan, solenoida, atau motor untuk menjalankan mengunci dengan baik memasok atau menghapus kekuasaan. Operasi kunci dapat sederhana seperti menggunakan switch, misalnya sebuah rilis interkom apartemen pintu, atau serumit sistem akses kontrol berbasis biometrik

Dari Komponen diatas,m beberapa komponen dewasa ini di gabungkan menjadi dalam satu unit agar lebih praktis seperti antara akses kontrol dan kunci elektrik yang dulunya terpisah saat ini mulai di jadikan satu dengan kelebihan yang lebih praktis dan efektif. Seperti Produk yang didistribusikan oleh Fingerspot seperti Series FL 500. Paket Kontrol pintu ini memang dikhususkan untuk Akses Kontrol Pintu selain dari sistem akses kontrolnya juga dari bentuk produk yang dilengkapi dengan Handle Pintu dan Kunci Manual sebagai kunci Cadangan.Untuk Lebih lenghkap detailnya silahkan kunjungi Fingerspot Product. Dan dalam waktu dekat kita akan mengupas sistem Akses Kontrol Ini. So, ditunggu saja posting topik-topik selanjutnya. (Akses Kontrol Pintu Web Support Team)

kunci pintu elektrik, kunci listrik, sistem kunci pintu mobil, kunci pintu mobil elektrik, komponen pintu mobil, instalasi elektrik pintu mobil subaru, nama-nama bagian di pintu, nama-nama aksesoris pintu kayu apartemen, nama pengunci pintu mobil, nama nama bagian pintu, nama komponen pintu mobil, nama komponen pintu kaca, Nama komponen bagian dalam pintu mobil, nama handle kunci pintu, Nama dan fungsi bagian komponen pintu mobil

DROPT BOLT
Kunci Elektrik Bolt (Electric Bolt Locks)

Electric Bolt  mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan Electric Strike perbedaan yang signifikan hanya pada pengunci utama. Electric Bolt merupakan sebuah alat penguncian elektrik dengan bolt sebagai perangkat pengunci utama. Kunci  Electric Bolt  beroperasi dengan mengirimkan arus listrik kepada solenoida untuk melepaskan dan membuka pintu atau sebaliknya tergantung dari arus listrik yang dialirkan.  Sistem kerja Electric Bolt hampir sama dengan Electric Strike perbedaan hanya pada sistem penguncian.

Electric Bolt terbagi menjadi dua jenis kunci menurut konfigurasi:

1. Fail Secure (Normaly Open). Dalam konfigurasi ini, akan terbuka saat kunci dialirkan arus listrik dan akan terkunci apabila tidak ada arus listrik atau terjadi kegagalan power, agar bisa terbuka saat terkunci sistem ini diberikan button relese yang berfungsi untuk membuka kunci.  Contoh jenis kunci ini antara lain Electric Bolt 500B with Narrow Panel, Electric Bolt 700B with Timer dan Electric Bolt 600 with Mort Lock Cylinder

2. Fail Safe (Normaly Close). Dalam konfigurasi ini, beroperasi sama seperti kunci magnetik akan terbuka saat kunci tidak ada aliran arus listrik dan pada saat listrik dialirkan maka akan terkunci. Contoh jenis kunci ini antara lain Electric Bolt 100 dan Electric Bolt 500U for fully frameless glass door(untuk pintu kaca).

Berbeda dengan Electric Strike, sistem konfigurasi penguncian bisa di setting menjadi  2 jenis konfigurasi tergantung dari setingan. Setiap unit series Electric Bolt dikhususkan dalam salah satu konfigurasi normaly open atau normaly close.

Kunci Electric Bolt memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kunci konvensional. Misalnya, daya tahan dan efektivitas operasi, selain itu Elektric Strike lebih mudah untuk menginstal daripada kunci lain yang diberikan tidak ada interkoneksi bagian. Untuk menjalankan kunci ini tidak membutuhkan arus yang besar cukup 450 mA dengan tegangan 12 volt DC.

Kunci Electric Bolt bisa digunakan untuk pintu kayu, pintu kaca dengan less aluminium, pintu kaca full frameless dll.  Kunci Electric Bolt dipasang pada sisi dalam kusen pintu, atau sisi luar pada jenis pintu fully frameless glass. Untuk daun pintu bagian sisi dalam bisa menggunakan hadle pintu biasa. Dalam instalasi meluruskan bolt dengan lubang penguncian sangat penting karena instalasi ini akan berpengaruh pada sistem penguncian. Untuk instalasi kunci untuk pintu kaca frameless dibutuhkan braket sebagai penopang kunci ini. Beberapa braket yang digunakan antara lain, braket ST 600, ST 700.

Sistem penguncian ini bisa di gunakan untuk pintu ruang server, ruang kerja, ruang pribadi, ruang gudang, pintu toko atau market/mall dan masih banyak lagi jenis pintu. Jad apapun jenis pintunya Electric Bolt solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar